Posted on July 19, 2013

Ranger 10, BTS Mobile yang Bisa Dioperasikan di Segala Medan


JAKARTA--Telkomsel mengembangkan base transceiver station (BTS) mobile yang mudah dirakit dan  bisa menjangkau segala medan yang diberi nama RANGER 10. Perangkat terbaru merupakan pengembangan dari unit compact mobile base transceiver(COMBAT) yang kini berwujud RANGER (Ramp up Avaibility Network and GeneralRecovery) 10.  Saat terjadi bencana alam RANGER bisa difungsikan untuk merecovery jaringanTelkomsel di daerah bencana.


"Ranger 10 prinsipnya dihadirkan untuk membuka atau mempertahankan layanan Telkomsel di  spesial area. Termasuk juga siap diterjunkan dilokasi bencana alam. Melalui wujud barunya yanglebih ringkas dibandingkan COMBAT sebelumnya,'' ujar Manager Special Area Technical Planing & Operation, Fajar Gumilar.

Perubahan bentuk tidak berarti merubah fungsinya sebagai repeater untuk para pengguna telepon seluler dalam radius 1 Km. '' BTS ini dapat dipergunakan secara bersama-sama oleh maksimal 100 orang untuk kebutuhan data/internet. Namun memiliki kemampuan lebih yaitu dapat menembus lokasi bencana alam yang sulit dijangkau kendaraan besar," kata Fajar Gumilar.

Selain sudah mengalami perubahan wujud dari Mini Truck, ke bentuk SUV (Sport UtilityVehicle) berpengerak empat roda. Fajar juga menjelaskan lebih lanjut bahwa RANGER 10hanya membutuhkan waktu 30 menit untuk memasang base transceiver system. Lebih cepatdibandingkan unit sebelumnya yang perlu memakan waktu berjam-jam.

Sehingga dengan kemampuan tersebut, kebutuhan layanan sambungan seluler bisa tersedia dengan cepat. Hal tersebut jelas dapat mempertajam aksi TERRA dalam pemutakhiran data daninformasi komunikasi tentang situasi dan kondisi lokasi bencana ke media center. Pada akhirnya akan mempercepat penentuan bentuk bantuan yang tepat sesuai kebutuhan dilokasi bencanaalam.

Melalui fungsi tersebut dapat RANGER Diharapkan dapat mempertajam aksi TERRA(Telkomsel Emergency Response and Recovery Activity) dalam menjaga asset Perusahaan danmembantu penanganan penanggulangan bencana alam di Tanah Air.

Sebagai suatu perusahaan yang bergantung pada alam guna menjaga kualitas layanan kepadakonsumen, Telkomsel telah melakukan berbagai antipasi terkait bencana alam. Ranger merupakan salah satu solusi yang dikembangkan pada saat terjadi bencana alam.

Telkomsel juga menghadirkan konsep media center bencana alam terintegrasi. Mulai dari aplikasi sistem pemetaan dan informasi komunikasi bencana alam sampai dengan menghadirkan wujud baru mini COMBAT baru yakni RANGER  10.


Spesifikasi RANGER 10 (Box)

Tower

Tower Type                 : Hylomast Pneumatic 6063 Al Alloy, 3200mm retracted

Head Load                  : 3 unit Sectoral Antenna

1 unit M/W antenna 0.6mm
Height                     : 10 meters
Accessories                : Rotator Antenna Mounting

Vehicle

Vehicle Type                : 4x4 M/T 2500 Solar
Balance System              : Outrigger
Accsessories                : Roller Hood 2x2m

Equipment Room

Dimension                   : (W x L x HT)
BTS Cabin                   : 1640 x 1490 x 1250
Genset Cabin                : 1640 x 950 x 1250

Equipment
BTS Cabin                  : 1 unit Micro BTS
1 unit Rectifier & Battery
1 unit Air Conditioner3/4PK
1 unit ACPDB
1 unit fire extinguisher 3Kg

Genset Cabin              :  1 unit genset 6,5 KVa
1 unit Air Compressor
2 unit Blower Circulation

1 unit ODU AC


Sumber : http://www.republika.co.id/berita/trendtek/telekomunikasi/12/02/07/lz0o4o-ranger-10-bts-mobile-yang-bisa-dioperasikan-di-segala-medan