Posted on January 03, 2015

Telepon dan Internet Gratis di Pangkalan Bun



Jakarta - Banyak hal yang bisa dilakukan dalam mendukung proses evakuasi AirAsia QZ8501 yang tengah dilakukan Basarnas (Badan SAR Nasional) yang berpusat di sekitar Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah.


Seperti yang dilakukan Telkomsel, dengan cara melakukan penguatan jaringan, mendirikan posko layanan telekomunikasi dan memberikan bantuan langsung.

Penguatan jaringan dan peningkatan kapasitas dilakukan di beberapa titik di Pangkalan Bun antara lain Pantai Kuba, Pelabuhan Kumai, Rumah Sakit Immanudin, Hotel Swiss Bell Pangkalan Bun, Hotel Abadi dan Area Crisis Centre.

Selain itu Telkomsel juga mengerahkan Combat (Compact Mobile Base Transceiver) atau yang kerap juga disebut mobile BTS di Bandara Lanud Iskandar, Pangkalan Bun.

Dengan penguatan jaringan yang dilakukan ini, diharapkan lalu lintas komunikasi baik voice (suara), SMS dan data di lokasi-lokasi yang padat akan aktivitas koordinasi terkait evakuasi akan berjalan lebih lancar.

Di posko telekomunikasi Telkomsel tersedia layanan internet dan telepon gratis yang dapat digunakan oleh petugas Basarnas, keluarga korban, dan media yang membutuhkan akses telekomunikasi.

Layanan di posko ini rencananya akan berlangsung selama tiga hari atau sampai proses evakuasi selesai. Selain itu Telkomsel juga menyiagakan Mobile GraPARI (Mogi) di Pelabuhan Kumai guna memastikan ketersediaan produk dan layanan Telkomsel bila dibutuhkan masyarakat di sekitar lokasi.

“Kami turut berduka cita dengan terjadinya musibah ini. Telkomsel berharap bantuan penguatan jaringan dan layanan telekomunikasi gratis ini dapat mempermudah kerja dan koordinasi semua pihak yang terlibat dalam proses evakuasi,” tutur Adita Irawati, Vice President Corporate Communications Telkomsel.